364 Mahasiswa Polman Negeri Babel Ikuti Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha

364 Mahasiswa Polman Negeri Babel Ikuti Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha

Hall menyatakan bahwa dalam jangka pendek pembelajaran akan merubah sikap dan kinerja seseorang, sedangkan dalam jangka panjang mampu menumbuhkan identitas dan daya adaptabilitas seseorang yang sangat penting bagi keberhasilannya. Cope dan Watt menyatakan bahwa kejadian kritis (critical-incident)yang dialami wirausaha dalam kegiatan usahanya sehari-hari mengandung muatan emosional yang sangat tinggi dan pembelajaran tingkat tinggi. Cope dan Watt menekankan pentingnya pembimbingan untuk mengintepretasikan kejadian kritis yang dihadapi sebagai pembelajaran, sehingga hasil pembelajarannya menjadi efektif. Bagi peserta yang sudah memiliki usaha, diharapkan dapat mengembangkan usahanya. Materi pertama disampaikan oleh Martalinda Basuki, S. A. P selaku Owner Coklat Klasik. Materi yang disampaikan terkait motivasi untuk berwirausaha dan perjalanannya dalam merintis usaha.

Tingkat kebutuhan yang lebih tinggi dapat termotivasi dari individu untuk menetapkan tujuan, menggunakan keterampilan dan kemampuannya sendiri dalam berupaya mencapai pencapaian wirausaha yang sukses tersebut. Dalam konteks kesuksesan kewirausahaan, gagasan motivasi tampaknya sama pentingnya. Motivasi dapat disebut sebagai “berjuang untuk mencapai hasil terbaik yang memiliki standar kesempurnaan dan karenanya dapat menghasilkan keberhasilan atau kegagalan”.

Karena dalam melakukan usaha, harus bisa melewati kesulitan yang datang. Hal tersebut, agar usaha yang telah dilakukan tidak kandas ditengah jalan. Janganlah cepat puas diri dengan pencapaian yang baru didapat, karena pada dasarnya seorang pengusaha harus terus belajar. Karena, dengan seperti itu maka perlu akan melakukannya dengan senang hati, dan tidak terpaksa.

di kampus STIE Nobel Indonesia pada hari kedua kamis, 7 Januari 2016 ternyata semakin menambah gairah belajar mahasiswa untuk menimba ilmu dari para praktisi usaha. Pada hari kedua kuliah praktisi, kampus menghadirkan pengusaha muda yang kini menanjak popularitasnya lewat bisnis yang dikelolanya Andi Mattuju. Pemilik sekaligus pendiri Mattuju Group hadir memberikan motivasi usaha di hadapan puluhan mahasiswa STIE Nobel Indonesia. Saya sudah melihat terlalu banyak contoh nyata dari kawan-kawan angkatan mahasiswa saya, yang menjalani studi dengan penuh keterpaksaan karena tidak sesuai dengan minat mereka. Tidak jarang kawan-kawan saya yang malang ini lebih suka menghabiskan waktu kuliahnya dengan kegiatan lain sebagai pelampiasan stress.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

Siswa berkesempatan mengeksplorasi teori dari sekolah hingga paham. Padahal, pembangunan perusahaan peternakan itu belum memiliki tata ruang,sehingga akan terindikasi kemungkinan terjadi suap menyuap yang dilakukan pengusaha. “Kami minta mengutamakan investor yang bergerak bidang usaha ramah lingkungan,” katanya menjelaskan. Pengembangan KIT itu, kata dia, tentu lebih mengedepankan investor yang bergerak di bidang usaha yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran yang mengakibatkan kerusakan alam. Pemerintah daerah dapat mempersiapkan diri untuk pengembangan KIT dengan membuat rencana induk agar dilirik para investor, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Comments are closed.