Cerita Mantan Gelandangan Yang Sukses Merintis Usaha Dari Nol

Cerita Mantan Gelandangan Yang Sukses Merintis Usaha Dari Nol

Jika modal meminjam dari financial institution maka kemungkinan Anda akan ketetaran untuk memulai usaha baru karena harus membayar pinjaman tersebut. Bagi kebanyakan orang, memulai usaha itu merupakan sesuatu yang penuh tantangan dan butuh psychological yang kuat. Dan kurangnya modal seringkali menjadi faktor yang membuat niat seseorang untuk memulai usaha menjadi surut. Pada kenyataannya, modal bukanlah faktor utama namun mentalitas seseorang lah yang menentukan.

Kick Andy kali ini mengangkat kisah orang-orang yang jatuh bangun merintis usaha mereka. Mereka sukses mengembangkan usaha mereka dari nol hingga besar seperti sekarang. Bisnis dengan modal Rp 1 juta sekalipun bisa menghasilkan keuntungan berlipat. Tak perlu bingung lagi, berikut delapan rekomendasi ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba. Untuk menjadi seorang pebisnis atau pengusaha yang sukses memang tidak harus membutuhkan modal yang banyak. Modal bukanlah masalah, karena yang paling penting adalah niat dan pantang menyerah.

Perencanaan matang ini perlu dilakukan dengan baik dan tidak asal, agar dana benar-benar terkumpul dan tidak berakhir menjadi sebuah rencana semata. Dejoria optimis bisnisnya tersebut mampu menghasilkan produk minuman tequila dengan kualitas tinggi. Itu karena proses pembuatannya yang melewati beberapa tahap penyaringan.

Lalai dalam menjaga reputasi diri akan menjadi bumerang bagi bisnis yang akan kita dirikan. Sebagai contoh, seorang calon pebisnis pernah terjerat kasus narkoba pada dua tahun yang lalu, namanya menjadi sangat jelek di kalangan masyarakat. Tahun ini, dia berencana untuk membuat bisnis Apotek dekat rumahnya. Kira-kira apa yang akan dipikirkan oleh orang lain terhadap bisnisnya? Kemungkinan besar, orang-orang yang tahu sejarah reputasinya akan ragu membeli obat-obatan di Apoteknya, karena takut terkontaminasi dengan narkoba yang bisa saja dia jual kembali. Ada orang yang sangat berani untuk memulai bisnis dari modal yang sangat sedikit dengan keberanian yang luar biasa, namun ada juga orang yang merasa sangat gugup ketika harus memulai bisnis mereka.

Dengan kritik dan saran yang membangun, tentu akan membantu Anda dalam melakukan evaluasi terhadap proses perkembangan bisnis tersebut. Karena untuk meraih hasil terbaik, pasti memerlukan proses dengan banyak rintangan di dalamnya. Yang perlu dilakukan adalah menganalisa dan mempersiapkan diri pada kemungkinan terburuk yang bisa datang kapan saja.

Di angka berapa, konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk tersebut. Brosur on-line – lebih mudah menyebarkan informasi melalui mesin pencari, sehingga tak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak brosur. Hemat biaya – biaya yang dikeluarkan untuk membangun “toko” di dunia maya jauh lebih hemat dibanding memiliki “toko” offline.

Memulai usaha dari bawah

Tidak perlu ragu untuk bergabung di komunitas pengusaha, milis, atau ikut seminar dan lainnya. Ingat bahwa silaturahim dapat memperpanjang usia dan menambah rezeki. Usia Anda panjang karena mampu belajar dari pengalaman orang banyak, dan rezeki Anda bertambah karena banyaknya akses yang siap membantu Anda.

Jangan khawatir jika hanya punya modal seadanya karena kini banyak usaha modal kecil yang bisa maju karena keuletan dan kreativitas. Dari sebuah buku yang saya baca, saya memperoleh informasi bahwa di Cina masyarakatnya sudah diajarkan untuk menambah penghasilan. Sejak kecil mereka sudah diperlihatkan bagaimana cara memutar uang dengan berbisnis. Selain itu, mereka pandai membuat uang dapat “menggandakan diri”. Namun, berbeda dari katering, Anda harus menyiapkan tempat yang memadai serta meja dan kursi untuk pembeli. Anda pun cukup menyiapkan garasi rumah dan etalase untuk memajang masakan yang akan Anda jual nantinya.

Kekurangan modal ini bisa disebabkan karena biaya produksi dan operasional yang tinggi, tapi tidak disertai dengan pemasukan yang memadai. Misalnya, karena pengusaha mematok harga jual yang terlalu rendah supaya produk yang dijual bisa diterima dan laku di pasaran. Selain itu, sulitnya mencari sumber pendanaan, seperti pinjaman bank juga bisa jadi penyebab kegagalan dalam berbisnis. Itu sebabnya, supaya bisnis yang dijalani menguntungkan, pastikan kamu punya dana yang memadai. Pertama, mereka yang melanjutkan bisnis keluarga dan dimodali orang tua.

Comments are closed.